February 27, 2024
Cara meningkatkan kecepatan loading website melalui optimisasi gambar dan kode

Untuk meningkatkan kecepatan loading website, Anda dapat melakukan beberapa optimisasi seperti:

  1. Optimalkan ukuran gambar: Resize dan kompres gambar sebelum diunggah ke website. Ini akan mengurangi ukuran file dan mempercepat waktu loading.
  2. Minimalkan jumlah request: Minimalkan jumlah file yang diperlukan untuk loading sebuah halaman dengan menggabungkan file CSS dan JavaScript, atau menggunakan metode lazy loading untuk gambar.
  3. Gunakan Content Delivery Network (CDN): CDN akan menyimpan salinan website Anda di server yang tersebar di seluruh dunia, sehingga mempercepat waktu loading bagi pengunjung yang berada jauh dari server utama.
  4. Enable browser caching: Mengaktifkan caching browser akan membuat browser menyimpan file yang sering digunakan pada komputer pengunjung, sehingga tidak perlu mengunduh ulang setiap kali mereka mengunjungi website Anda.
  5. Optimalkan kode: Pastikan kode Anda se-efisien mungkin dan ter-validasi. Ini akan membantu browser mengolah halaman dengan lebih cepat.
  6. Optimize code & images using online tool : You can use online tools like GTmetrix,PageSpeed Insights, YSlow, etc to analyze your website and give you suggestions to optimize your code and images.
  7. Use a web hosting service that specifically optimizes for speed: Some web hosting services have servers that are specifically optimized for speed and can help your website load faster.

Untuk meresize dan mengompres gambar sebelum diunggah ke website, Anda dapat menggunakan beberapa alat seperti:

  1. Adobe Photoshop: Anda dapat menggunakan Adobe Photoshop untuk meresize gambar dan mengompresnya dengan Save for Web option.
  2. Canva: Canva adalah alat desain grafis yang mudah digunakan dan memiliki fitur untuk mengompres gambar.
  3. TinyPNG: TinyPNG adalah alat online yang dapat Anda gunakan untuk mengompres gambar PNG dan JPEG.
  4. Kraken.io: Kraken.io adalah alat online yang juga dapat digunakan untuk mengompres gambar dan memberikan hasil yang baik.
  5. GIMP: GIMP adalah alat pengeditan gambar gratis yang dapat digunakan untuk meresize dan mengompres gambar.

Contoh: Sebagai contoh, Anda dapat mengambil gambar yang berukuran 4MB dan mengompresnya menjadi 500KB dengan menggunakan alat online seperti TinyPNG atau Kraken.io. Kemudian Anda dapat meresize gambar tersebut dari ukuran asli 6000×4000 pixel menjadi ukuran yang sesuai dengan tampilan website Anda seperti 1200×800 pixel. Ini akan membuat gambar memuat lebih cepat dan menghemat ruang penyimpanan server.

 

 

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *